KSOP Lembar Dukung Kegiatan Program Studi Kedokteran Spesialis Kelautan Universitas Mataram - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
KSOP Lembar Dukung Kegiatan Program Studi Kedokteran Spesialis Kelautan Universitas Mataram

KSOP Lembar Dukung Kegiatan Program Studi Kedokteran Spesialis Kelautan Universitas Mataram

Share This



Lembar ( wartalogistik.com) -  Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Lembar meluaskan perannya dari membina aspek keselamatan dan keamanan pelayaran bagi pengguna jasa, baik operator pelabuhan maupun pelayaran dan usaha jasa terkait pelayaran,  juga mendukung kegiatan dunia pendidikan tinggi dalam membentuk mahasiswa yang berkualitas.



Dukungan pada lembaga pendidikan tinggi itu dibuktikan dengan menandatangani perjanjian kerjasama dengan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Mataram,   di Hotel Aruna Senggigi, Kamis (5/9).



Kesepakatan ini berfokus pada dukungan penuh KSOP terhadap Program Studi Kedokteran Spesialis Kelautan yang baru saja didirikan di Universitas Mataram.



Dalam perjanjian ini KSOP Kelas III Lembar akan membantu untuk memfasilitasi kegiatan Pendidikan, Penelitian dan juga Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa FKIK Universitas Mataram di wilayah kerja KSOP Kelas III Lembar.



Penandatangan kerja sama dilakukan oleh Kepala KSOP Kelas III Lembar, Capt. Purgana, bersama dengan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Mataram, Dr. dr. Arfi Syamsun, Sp.KF., M.Si.Med. 



Pada sambutan di acara itu, Capt. Purgana menegaskan  pihaknya  siap mendukung kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa FKIK Universitas Mataram di wilayah kerja kantor KSOP Lembar.



" Dukungan yang diberikan berupa  fasilitas dan sumber daya yang dimiliki Kantor KSOP Lembar sehingga nantinya kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat bisa berhasil dan memberikan dampak positif bagi insan maritim yang ada di bawah koordinator KSOP Lembar maupun bagi mahasiswa FKIK Universitas Mataram itu sendiri,” kata Capt. Purgana.


Program Studi Kedokteran Spesialis Kelautan merupakan program baru di Universitas Mataram yang dirancang untuk mengatasi kebutuhan tenaga medis khusus di wilayah perairan. Sebagai negara kepulauan dengan lebih dari 17.000 pulau, kesehatan kelautan merupakan bidang penting yang harus diperhatikan oleh pemerintah dan sektor pendidikan.



Melalui kerjasama dengan KSOP Kelas III Lembar, para mahasiswa akan mendapatkan kesempatan untuk langsung mempelajari dan menangani kasus-kasus medis di lapangan, baik di pelabuhan maupun di atas kapal.



 Dengan demikian, program ini diharapkan dapat menciptakan dokter-dokter spesialis yang memiliki keahlian di bidang kesehatan maritim, yang sangat dibutuhkan di Indonesia.




Selain penandatanganan kerjasama, acara ini juga dirangkai dengan kegiatan sosialisasi keselamatan pelayaran dan tata cara penanganan serta pengangkutan barang berbahaya di pelabuhan. 


Acara sosialisasi ini dihadiri oleh para narasumber dari berbagai instansi, termasuk KSOP Kelas III Lembar, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD), Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK), serta Navigasi Benoa.



Tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan pemahaman para stakeholder di Pelabuhan Lembar tentang tata cara penanganan muatan barang berbahaya. Mengingat tingginya aktivitas pelabuhan dan risiko yang terlibat dalam pengangkutan barang-barang berbahaya, pemahaman mengenai keselamatan pelayaran dan penanganan yang tepat menjadi sangat penting.


( Abu Bakar)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here