Sebanyak 52 Kurikulum Diklat Transportasi Laut Non STCW Masuk Tahap Softlaunching - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
 Sebanyak 52  Kurikulum Diklat Transportasi Laut Non STCW  Masuk Tahap Softlaunching

Sebanyak 52 Kurikulum Diklat Transportasi Laut Non STCW Masuk Tahap Softlaunching

Share This



Jakarta (wartalogistik.com) - Kegiatan penyusunan kurikulum pendidikan dan pelatihan (diklat) non Standard Training Watckeeping (STCW) 1978 amandemen 2010 yang dilakukan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Kementerian Perhubungan bersama stakeholder memasuki tahap akhir, setelah pada Rabu (31/7)   berlangsung soft launching pada 52 jenis   kurikulum jenis diklat keterampilan matra laut.


Tahap selanjutnya rancangan kurikulum jenis keterampilan itu akan mendapat SK dari Kepala Badan Pemgembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan.

 

Menurut Sekretaris BPSDMP, Kementerian Perhubungan, DR. Capt. Wisnu Handoko ketika dikonfirmasi pada hari Jumat (2/8) terkait soft launching kurikulum matra laut itu menyatakan, Kurikulum Diklat Non STCW ini lebih khusus diperuntukkan bagi SDM yang dibutuhkan untuk mendukung Operasional bidang pelayaran di tingkat   operasional dan manajerial, baik di sisi kapal/sea side maupun di sisi darat/shore side   yang berfokus kepada aspek keamanan dan keselamatan pelayaran dan perlindungan lingkungan maritim.



"Soft Launching ini merupakan bentuk apresiasi kepada seluruh stakeholder yg telah berkontribusi dalam penyelesaian desain kurikulum diklat Non STCW, dan dilanjutkan penerbitan SK. Peraturan Dirjen Hubla terkait Standar Diklat dan SK. Ka.BPSDMP terkait Kurikulum Diklat Non STCW Matra Laut," katanya.


Disampaikan juga,  implementasi diklat keterampilan baru ini sebenarnya merupakan supplemen course diklat yg telah diatur sebelumnya oleh STCW. 


"Dalam rangka menyiapkan SDM pelayaran yg kompeten dan profesional serta bersertifikasi yang  diakui negara dan industri sesuai standard yang berlaku sebagai upaya menjawab tantangan kebutuhan SDM disektor transportasi laut," jelas Capt. Wisnu Handoko.


Revisi kurikulum yang yang saat ini berlangsung terkait Permenhub No. PM 7 Tahun 2018 Tentang Rencana Induk SKKNI Sektor Transportasi.


Jumlah unit kompetensi per sub sektor transportasi   banyak, untuk sub sektor kereta api sebanyak 569 kompetensi, untuk matra darat  sebanyak 787 kompetensi, matra laut  laut sebanyak  411 kompetensi, matra udara sebanyak  390 kompetensi, dan multi moda sebanyak 93 kompetensi



(Abu Bakar)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here