PT Adipurusa Tingkatkan Kinerja Layanan Berujung Terbentuk Pairing Port dan Kesamaan Layanan - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
PT Adipurusa Tingkatkan Kinerja Layanan Berujung Terbentuk Pairing Port dan Kesamaan Layanan

PT Adipurusa Tingkatkan Kinerja Layanan Berujung Terbentuk Pairing Port dan Kesamaan Layanan

Share This


Jakarta (wartaligistik.com) - Manajemen PT Adipurusa, sebagai salah satu operator terminal di Pelabuhan Tanjung Priok terus membangun kerja sama dengan berbagai pihak operator terminal atau pelabuhan, dan pada akhirnya membentuk pairing port (pasangan pelabuhan).


Kerja sama yang dilakukan PT Adipurasa itu, merupakan misi perusahaan dalam menciptakan layanan di terminal  yang dikelolanya  punya kinerja prima bagi pengguna jasa. Kemitraan atau pairing port yang terbentuk itu pun berujung pada kesamaan layanan.



“Hubungan kerja sama dengan pihak operator terminal atau pelabuhan akan menciptakan layanan prima. Kerja sama itu juga akan menciptakan adanya pairing port, berupa kesamaan layanan,” kata Direktur Operasi PT Adipurusa, H. A. Ogi Haris, di Jakarta, Kamis (4/7).


Selanjutnya Ogi Haris menyampaikan, pada proses awal kerja sama, tentunya, kedua belah pihak melakukan eksplorasi atas kegiatannya yang berlangsung di pelabuhan yang diajak kerjasama. Mulai dari standarisasi kegiatan operasional di dalam terminal, standar pelayanan dokumen dan sejumlah standar lainnya.


" Atas hasil eksplorasi tersebut,  maka ada kesamaan standar. Yang tentu setelah itu akan terjalin komunikasi yang akan menciptakan kegiatan sharing data dengan terminal atau pelabuhan yang diajak kerjasama," jelas Ogi Haris.


“Dengan adanya standarisasi standar layanan maka akan mengarah kepada pairing port dan menciptakan pertukaran data elektronik yg lebih cepat dan akurat untuk kepentingan produktifitas pelabuhan,” sambung Ogi.


Saat ini pihak Adipurusa selaku pengelola terminal di Pelabuhan Tanjung Priok sudah menjajaki kerja sama dengan sejumlah terminal atau pelabuhan yang bisanya di singgahi kapal-kapal yang sandar dan bongkar muat di terminalnya.


“Jadi ketika kapal akan masuk, dari pelabuhan yang sudah bekerjasama (pairing port) maka kami sudah mengetahui dan mendapatkan informasi awal juga dari pelabuhan mitra tersebut, selain dari pihak agen kapal,” ujar Ogi.


Menurutnya, manfaat pairing port adalah menjadikan pelabuhan tujuan dan asal barang sebagai dedicated port, dengan begitu maka prosesnya akan menjadi sederhana, akurasi data lebih terjamin, serta hemat waktu dan biaya.


Adapun hasil kerjasama itu akan menjadikan pelabuhan sister port, dan keuntungan berupa kegiatan bongkar muat (BM) bisa lebih terencana, selain itu bisa menyederhanakan alur proses, akurasi data juga akan lebih terjamin serta ada penghematan waktu dan biaya. (Abu Bakar)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here