Pelindo Solusi Logistik Salurkan Hewan Kurban ke Berbagai Wilayah Indonesia - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Pelindo Solusi Logistik Salurkan Hewan Kurban ke Berbagai Wilayah Indonesia

Pelindo Solusi Logistik Salurkan Hewan Kurban ke Berbagai Wilayah Indonesia

Share This







Jakarta (wartalogistik.com) – Kewajiban untuk berkurban bagi yang mampu, dijalankan oleh jajaran Pelindo  pada Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M ini. Hal itu dilakukan PT Pelindo Solusi Logistik atau SPSL Group yang menyalurkan hewan kurban dari jajarannya untuk berbagai lapisan masyarakat di wilayah kerja perusahaan, seperti Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM), stakeholders, dan masyarakat yang bermukim di dekat area Perusahaan yang tersebar di seluruh Indonesia dan berpusat di Jakarta.


Tercatat di tahun 2024 ini, SPSL Group menyalurkan hewan kurban sejumlah 30 ekor sapi dan 4 ekor kambing yang disalurkan ke sejumlah kota seperti Jakarta, Bekasi, Surabaya, Semarang, Lampung, Banjarmasin, Palembang, Jambi, Medan, Makassar, Pontianak, Ambon, dan Maluku Utara.


“Penyaluran hewan kurban ini merupakan salah satu bentuk rasa syukur, wujud kepedulian sosial, toleransi antar sesama, dan komitmen perusahaan untuk mendukung program ketahanan pangan nasional, memperluas penerima manfaat, dan pemenuhan gizi masyarakat yang membutuhkan,” ujar Kiki M. Hikmat selaku SVP Sekretariat Perusahaan SPSL. (14/6).


Penyaluran hewan kurban tersebut merupakan pelaksanaan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dengan tajuk Pelindo Berbagi Qurban yang dilakukan secara terarah,  melalui koordinasi dengan regional, cabang dan Subholding Pelindo setempat, sehingga diharapkan seluruh manfaat dapat tepat sasaran.


Sekretaris Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI, Makmun, mengatakan jumlah kebutuhan hewan kurban naik rata-rata 3-5% setiap tahun, jika pada 2023 realisasi kebutuhan hewan kurban mencapai 1,87 juta ekor maka pada 2024 diperkirakan 1,97 juta.


Kondisi hewan kurban tentunya menjadi perhatian utama SPSL Group dalam pemilihan hewan kurban yang akan disalurkan, guna memastikan kondisi hewan kurban memenuhi standard keamanan dan kesehatan yang telah ditentukan, yakni terbebas dari berbagai penyakit seperti penyakit mulut dan kuku (PMK), lumpy skin disease (LSD)/lato-lato, Antraks, dan cacingan.


Dalam pelaksanaan penyaluran kurban tersebut, SPSL Group menggandeng seluruh pemangku kepentingan, dan juga DKM di lingkungan kerja SPSL Group yang menyelenggarakan pemotongan hewan kurban, untuk selanjutnya didistribusikan kepada masyarakat yang berhak sebagai penerima hewan kurban serta seluruh prosesinya berpegang teguh pada pedoman yang dikeluarkan Kementerian Agama dan Majelis Ulama Indonesia.


Amir selaku perwakilan penerima kurban dan merupakan warga yang bermukim di sekitar area perusahaan menyampaikan bahwa ia sangat senang menerima bantuan penyaluran hewan kurban yang diberikan SPSL Group.


“Kami mengucapkan rasa terima kasih kepada SPSL dan Pelindo Group, penyaluran hewan kurban ini sudah rutin tiap tahun kami terima, hewan kurban yang disalurkan juga sehat-sehat. Semoga keberkahan kurban dan Idul Adha menyertai kita semua,” ujar Amir.


“Sebagai Subholding Pelindo, kami akan terus berkomitmen untuk melaksanakan program TJSL secara konsisten untuk turut mewujudkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat, sesuai cita-cita pembangunan berkelanjutan yang sejalan pula dengan komitmen BUMN dalam menjaga tren positif perekonomian Indonesia,” tutup Kiki.


( Abu Bakar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here