Pangkalan PLP Tanjung Perak Kerahkan KN. Chundamani Evakuasi Awak Kapal Noah Satu Yang Terbakar dan Tenggelam - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Pangkalan PLP Tanjung Perak Kerahkan  KN. Chundamani  Evakuasi Awak Kapal Noah Satu Yang Terbakar dan Tenggelam

Pangkalan PLP Tanjung Perak Kerahkan KN. Chundamani Evakuasi Awak Kapal Noah Satu Yang Terbakar dan Tenggelam

Share This

Awak kapal MV. Noah Satu  yang berhasil diselamatkan di atas KN Chundamani


Gresik (wartalogistik.com) - Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas II Tanjung Perak  melakukan pertolongan pada awak MV. Noah Satu yang terbakar pada Senin  24 Juni 2024 pukul 14.12 LT di perairan Tuban, Laut Jawa. 


Sebelum peristiwa kecelakaan itu, kapal berbendera Indonesia dengan nomor IMO 9313620 dan GT 2542 ini sedang berlayar dari Pelabuhan Calabai menuju Pelabuhan Ciwandan dengan muatan jagung curah. 


Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Jon Kenedi mengungkapkan kebakaran mengakibatkan satu orang mengalami luka bakar ringan.


"Tidak ada pencemaran lingkungan yang dilaporkan, namun kapal MV. Noah Satu tenggelam bersama seluruh muatannya," ujar Jon Kenedi dalam siaran pers Humas Ditjen Hubla yang diterima redaksi, Rabu (26/6).


Evakuasi & Penanganan Awak Kapal

Menanggapi kejadian ini, berbagai langkah cepat diambil oleh Pangkalan PLP Tanjung Perak. Berkoordinasi dengan KSOP Tanjung Pakis dan Disnav Tanjung Perak Surabaya.


"Pangkalan PLP Tanjung Perak langsung mengerahkan Kapal Negara Patroli KN. Chundamani P 116 ke lokasi kebakaran," ungkapnya.


Sementara itu personel KSOP Tanjung Pakis dikirim ke lokasi kejadian menggunakan TB. Mitra Anugerah 27.


Pada 25 Juni 2024 KN. Chundamani P 116 tiba di lokasi dan berhasil mengevakuasi Nakhoda Andi Umbara, KKM, dan Masinis 1. Mereka kemudian dibawa ke Surabaya untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.


Sebanyak 12 awak kapal, termasuk satu oiler yang mengalami luka bakar ringan, dibawa oleh TB. Mitra Anugerah 27 ke Pelabuhan Tuban untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.


"Kami berkomitmen untuk memastikan keselamatan dan keamanan pelayaran serta menangani kejadian ini dengan cepat dan efektif. Kami juga mengapresiasi upaya dan koordinasi dari berbagai pihak dalam menanggulangi insiden ini," tutup Jon Kenedi. (Abu Bakar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here