Minimalkan Kecelakaan di Laut, Ditnav Sosialisasikan Fungsi SBNP dan VTS ke Stakeholders - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Minimalkan Kecelakaan di Laut, Ditnav Sosialisasikan Fungsi SBNP dan VTS ke Stakeholders

Minimalkan Kecelakaan di Laut, Ditnav Sosialisasikan Fungsi SBNP dan VTS ke Stakeholders

Share This

 




Teluk Bungus (wartalogistik.com) - Memiliki pengetahuan akan fungsi penting dari Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP),  Pelayanan dan fungsi dari Vessel Traffic Service (VTS), secara tepat oleh seluruh pengguna jasa dan insan maritim sangat penting, guna memperkecil resiko kecelakaan kapal dalam kegiatan pelayaran.


Untuk itu Disrik Navigasi Tipe A Kelas II Teluk Bayur melangsungkan berbagai upaya meningkatkan pemahaman atas SBNP dan VTS ke berbagai pihak. 


Upaya itu dengan menghadirkan para stakeholder pada saat adanya Kunjungan  Kerja Teknis (Technical Visit) di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut TA. 2024 yang dilaksanakan oleh Tim International Association of Marine Aids to Navigation and Lighthouse Authorities (IALA) dan Tim Direktorat Kenavigasian di Kantor Distrik Navigasi Tipe A Kelas II Teluk Bayur, Bungus 13 Juni 2024


Setelah melaksanakan Rapat internal dengan Tim IALA beserta Tim Direktorat Kenavigasian,  kegiatan dilanjutkan Pertemuan dengan para Stakeholder. Acara dibuka oleh Kepala Distrik Navigasi Tipe A Kelas II Teluk Bayur Yudhonur Setyaji P. ST., M.Sc di Ruangan Rapat Kantor Distrik Navigasi Tipe A Kelas II Teluk Bayur.


Pada sambutannya Kadisnav menyatakan dalam upaya peningkatan pengetahuan akan fungsi penting dari Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP),  pelayanan dan fungsi dari Vessel Traffic Service (VTS), secara tepat oleh seluruh pengguna jasa dan insan maritim guna memperkecil resiko kecelakaan kapal dalam kegiatan pelayaran di wilayah kerja Distrik Navigasi Tipe A Kelas II Teluk Bayur.


“Maka perlu di lakukan pertemuan dalam rangka peningkatan pengetahuan bersama yang dalam hal ini  dapat diperoleh dengan dilaksanakannya kegiatan Technical visit oleh IALA, tentunya hal ini diperkuat dengan mengundang seluruh Instansi terkait. Pengguna Jasa, dan para Stakeholder yang berada di wilayah kerja Distrik Navigasi Tipe A Kelas II Teluk Bayur, 2024,” ucap Yudho.


Disaat yang sama Yudho mengatakan, pertemuan penting ini bertujuan sebagai sarana untuk memperkaya wawasan, bertukar informasi dan memberikan pembekalan pengetahuan bagi para insan Maritim, baik dari  Instansi terkait, stakeholder, dan para nelayan yang berada di wilayah kerja Distrik Navigasi Tipe A Kelas II Teluk Bayur.


“Kiranya dapat dilakukan secara berkala guna penyamaan persepsi  terhadap peran penting SBNP dalam meningkatkan keselamatan pelayaran yang didapat melalui kecukupan dan kehandalan SBNP yang dimiliki, baik oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut maupun swasta,” pungkas Yudho.


Disamping itu TIM pendamping IALA dari Direktorat Kenavigasian yang ikut mendampingi  pelaksanaan Technical Visit ini menambahkan  beberapa hal terkait  kegiatan ini berfungsi agar semua insan maritim dapat mengetahui peraturan dan fungsi dari SBNP dan bagaimana kita bisa merawat SBNP yang dimiliki dengan baik dan mengoptimalkan fungsi yang ada sehingga  seluruh pengguna jasa dapat merasakan manfaat penting dari SBNP tersebut demi mencegah terjadinya marabahaya dan meningkatkan Keselamatan Pelayaran.


Pada kesempatan yang sama, Geraldine Delanoye, Expert Team IALA menyatakan bahwa keselamatan pelayaran merupakan tanggung jawab bersama dan kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan kita untuk dapat meyelamatkan kapal kapal dari marabahaya yang ada di laut, ini merupakan tugas mulia.


Lebih lanjut Geraldine mengatakan SBNP dan VTS, memiliki keterkaitan dan mempunyai peran penting dalam memberikan informasi keselamatan pelayaran guna menjaga kapal kapal agar terhindar dari marabahaya di laut.


"saya menyambut baik atas penyelenggaraan kegiatan ini dengan harapan kita dapat mereview dan mengevaluasi kembali atas apa saja yang telah kita lakukan dalam  pelaksanaan dan  pengelolaan  fungsi Sarana Bantu Navigasi Pelayaran dan pelayanan Vessel Traffic Service yang kita miliki,” ucap Geraldine.

( Abu Bakar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here