KSOP Belawan Salurkan 22 Ekor Hewan dan Ingatkan Hubungan Kemanusiaan - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
KSOP Belawan Salurkan 22 Ekor Hewan dan Ingatkan Hubungan Kemanusiaan

KSOP Belawan Salurkan 22 Ekor Hewan dan Ingatkan Hubungan Kemanusiaan

Share This
Kepala KSOP Utama Belawan, Rivolindo (baju putih) menyaksikan penyembelihan hewan kurban.


Belawan (wartalogistik.com)  - Berbagai kegiatan semarak berlangsung di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP)  Utama Belawan. Mulai dari pelayanan sampai pada sosialisasi regulasi dan bimbingan teknis pada pengguna jasa, termasuk kegiatan perayaan Hari Raya Idul Adha 1445/2024 dengan melakukan kurban sebanyak 22 ekor yangbterdiri dari 17 ekor sapi dan 5 ekor kambing.



"Daging hewan kurban dibagikan kepada pegawai, karyawan, masyarakat seputaran Pelabuhan Belawan  dan dibagikan juga kepada wartawan," kata Kepala KSOP  Utama, Belawan, Rivolindo kepada wartawan saat pembagian daging kurban, Rabu (19/6) di halaman kantornya.


Selain itu juga Rivolindo berharap kegiatan kurban ini dapat mempererat tali silaturahmi antar sesama masyarakat, instansi terkait  di Pelabuhan Belawan  serta meningkatkan kepedulian sosial di lingkungan dan bermanfaat  menjadi berkah.


Mengenai pengadaan hewan kurban itu sendiri merupakan dana patungan dari staf, pegawai dan karyawan KSOP Utama Belawan dan mitra instansi.


Penyembelihan hewan kurban itu disaksikan juga pejabat KSOP Utama Belawan yaitu Kepala Bagian Tata Usaha  Luderwijk Siahaan, Kepala Bidang Pengawasan Dan Penindakan  Marganda Lamhot Asi Sihite, Kepala Bidang Perkapalan dan Kepelautan  Anis Faridi,  Kepala Bidang Lalu Lintas, Angkutan Laut, dan Kepelabuhanan Drs. Boss Mascot, dan para kepala seksi dan pegawai serta karyawan.



Lebih jauh Rivolindo menyampaikan, pada dasarnya, menyembelih hewan kurban ini mengandung dua nilai, yakni kesalehan ritual dan kesalehan sosial. 


Kesalehan ritual berarti dengan berkurban, kita telah melaksanakan perintah Allah Taala. Sedangkan dikatakan kesalehan sosial,karena selain sebagai ritual keagamaan, kurban juga mempunyai dimensi kemanusiaan. 


" Perintah berkurban bagi yang mampu ini menunjukkan bahwa Islam adalah agama yang respek terhadap fakir-miskin dan kaum dhuafa lainnya. Dengan disyari’atkannya kurban, kaum muslimin dilatih untuk mempertebal rasa kemanusiaan, mengasah kepekaan terhadap masalah-masalah sosial, mengajarkan sikap saling menyayangi terhadap sesama," paparnya.


Pemberian kurban kepada yang menerima sebagai rasa kepedulian  dan kasih sayang kepada warga setempat agar ada  rasa sepenanggungan dan merupakan perwujudan ibadah. 


Mewakili para pekurban juga turut menyaksikan penyembelihan hewan kurban tersebut yaitu dari PT. Musimas Grup, PT Munasindo, Lantamal I Belawan, PT Pelni, PT Pelindo Marine Service, PT Pelindo Cabang I Belawan, PT Prima Terminal Peti Kemas, SBMT, PT SPJM, PT BNCT, Koperasi TKBM Upaya Karya, IKT, INSA, PT LEGI, PT PMT dan PT SGT.


(Abu Bakar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here